::eventainment::

common people post

Thursday, August 18, 2005

Sam Poo Tay Jin (Laksamana Besar Cheng Ho)

Cheng Ho yang hidup di zaman dynasti Ming, pada tahun 1371 - 1436 Masehi adalah seorang pelaut dan laksamana terkenal dari Tiongkok. Kemahirannya dalam ilmu pelayaran menyebabkan dia dipilih menjadi pemimpin dalam misi perdamaian, membuka jalur baru yang sangat diperlukan guna melancarkan perdagangan, menjalin hubungan persahabatan, dan tukar menukar kemajuan teknologi kepada negara negara tetangga disepanjang semenanjung lautan Hindia.

Menurut cerita tertulis bahwa orang Tionghoa pertama yang mendarat di kota Semarang adalah Sam Poo Tay Jin, yaitu gelar untuk Laksamana Besar Cheng Ho. Untuk memperingati tempat mendaratnya Cheng Ho didirikanlah Klenteng Sam Poo Kong. Di tempat tersebut juga terdapat makam juru mudi kapal Cheng Ho yang terkenal dengan sebutan makam Kyai Jurumudi Dampoawang; karena dia beragama Islam maka dimakamkan secara Islam..
Selama beratus-ratus tahun Klenteng Sam Poo Kong telah menjadi tujuan wisatawan dan peziarah dari seluruh dunia untuk menyaksikan dan mengenal kebudayaan dan sejarah Laksamana Cheng Ho. Paduan Konghucu, Tao, Buddha dan kejawen dan adanya sentuhan Islami memberikan keunikan yang sangat menarik, sehingga menjadikan tempat tersebut suatu obyek wisata yang perlu dikunjungi,pengen tau lebih jauh klik aja disini.

rie

bacabaca


0 Comments:

Post a Comment

<< Home